Beranda | Artikel
Menyelami Makna Ihsan - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Senin, 3 Agustus 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Menyelami Makna Ihsan

Ihsan merupakan salah satu di antara tingkatan dalam agama, bahkan ihsan merupakan tingkatan tertinggi. Di dalam terminologi atau defnisi syariat, ihsan memiliki beberapa makna. Apabila ia disebutkan beriringan dengan Islam dan iman, maka maknanya adalah selalu merasakan kehadiran dan pengawasan Allah setiap kali beribadah.

Makna ini sebagaimana diungkapkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits Jibril:

أَنْ تَعْبُدَ اللَّهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

“Ihsan adalah kamu beribadah kepada Allah seakan-akan kamu melihatNya. Dan jika kamu tidak bisa melihatNya, maka yakinlah bahwasanya Dia melihatmu.” (HR Muslim no. 102)

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai “Menyelami Makna Ihsan” ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Menyelami Makna Ihsan

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15156-menyelami-makna-ihsan-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/